Cara agar baterai android tidak cepat habis dan tahan lama

Cara agar baterai android tidak cepat habis dan tahan lama -Pengguna android sekarang ini adalah yang paling banyak di seluruh dunia, dengan pengguna yang sebanyak itu rata rata sebagian besar dari mereka mengeluhkan kenapa baterai android yang mereka miliki lebih cepat habis, hal ini bagi pengguna android yang sangat sering menggunakanya spanjang hari  tentu adalah hal yang sangat merepotkan, dengan baterai yang cepat habis kita jadi di haruskan memiliki powerbank yang penggunaanya tentu saja merepotkan.

Nah mengenai baterai yang cepat habis di android ini sebenarnya sebenarnya termasuk dilema yang sulit juga ternnyata, karena sejatinya gadget android adalah karena ada berbagai aplikasi serta software pendukung yang memang harus tetap menyala ketika gadget android sedang di gunkan, dengan adanya aplikasi yang harus tetap menyala tersebut kita memang kadang bingung harus bagaimana selain menggunakan powerbank.

Cara agar baterai android tidak cepat habis dan tahan lama
cara menghemat betarai android
Dengan baterai android yang cepat habis seperti itu sebenarnya ada solusi untuk mengatasinya, meskipun ini sifatnya hanya  mengurangi beban kerja gadget android saja, tapi beberapa cara ini terbilang cukup ampuh jika di terapkan di gadget android untuk menghemat daya baterai agar lebih tahan lama.

Cara agar baterai android tidak cepat habis dan tahan lama

Nah jika anda adalah orang yang selama ini mengeluhkan baterai gadget android yang cepat habis maka beberapa cara di bawah ini mungkin sangat berguna bagi anda dan anda bisa menggunakan gadget anda lebih tahan lama dari biasanya, beberapa cara tersebut adalah sebagai berikut : 

1.Matikan koneksi internet

Pengggunaan gadget android sepertinya  tidak mungkin jika kita mematikan koneksi internet kecuali di dalam pesawat, nah maksud saya di sini adalah anda matikan koneksi internet pada saat android anda tidak di perlukan dan anda memang tidak memungkinkan untuk mengechek gadget android anda setiap saat, Misal jika anda ingin melakukan perjalanan cukup jauh, nah di perjalanan itu sebaiknya anda matikan koneksi internet karena meskipun ada pesan notifikasi Bbm, whatsapp, dll pun anda tidak bisa membacanya kan, pasti anda akan membaca pesan tersebut setelah anda berhenti.

Jika seperti itu maka matikan saja koneksi internet android anda saat di perjalanan, kecuali anda naik mobil dan anda pakai untuk mengakses peta Gps di android anda, kalo itu malah sangat berguna dan di sarankan jangan mematikan koneksi internet.

2.Jangan aktifkan live wallpaper

Live wallpaper pada gadget android itu sebenarnya sangat menyita daya baterai android ada, live wallpaper menggunakan 3 kali daya baterai lebih boros dari pada anda menggunakan wallpaper gambar biasa, nah jika anda ingin menghemat baterai gadget anda sebaiknya hindari penggunaan live wallpaper pada android anda, kerugian menggunakan live wallpaper pada gadget android tidak hanya pada penggunaan baterai yang boros saja tetapi juga penggunaan RAM yang cukup menyita kepasitas.

3.Sesuaikan kecerahan layar

Mungkin ini cukup culit jika anda pada awal penggunaan gadget android sudah anda mulai dengan penggunaan layar yang cerah, karena jika anda meredupkan layar android anda tersebut anda akan sedikit tidak nyaman karena sudah terbiasa dengan layar yang cerah tidak peduli siang atau malam, nah sebaiknya jika anda ingin menghemat daya baterai gadget android anda maka atur kecerahan layar pada android anda karena ini juga memberikan efek hemar atau boros pada gadget anda.

Jika anda tidak terbiasa dengan layar yang redup karena kebiasaan menggunakan layar yang cerah tidak peduli itu siang dan malam, maka mulai sekarang biasakan anda menggunakan gadget tersebut dengan variasi kecerahan layar yang anda atur secara berkala agar anda terbiasa dengan layar yang redup. Gadget android sudah di setting untuk penggunaan layar yang redup, user masih tetap akan nyaman menggunakanya.

4.Turn Off Wifi

Penggunaan Wifi di banding dengan penggunaan data koneksi internet di gadget masih lebih hemat menggunakan Wifi, ini terjadi karena gadget hanya  perlu koneksi dan tidak mengeluarkan daya baterai untuk mencari koneksi di gadget anda, kecepatan internet pada waktu anda menggunakan wifi sangat tergantung dari jaringan wifi itu sendiri jadi gadget tidak akan mengeluarkan banyak daya untuk mencari atau mengoptimalkan koneksiinternet dari gadget yang di gunakan.

Nah tetapi jika anda pada suatu tempat itu tidak ada jaringan wifi maka sebaiknya anda matikan saja wifi yang menyala di gadget anda, ini akan menghemat daya baterai anda karena gadget tidak perlu siaga untuk mencari jaringan internet.

5.Matikan aplikasi gadget yang tidak terpakai

Mematikan aplikasi saat tidak terpakai adalah cara yang paling ampuh untuk menghemat baterai android, karena sistem android yang cenderung menggunakan sistem multitasking itu sebenarnya sangat menyita daya baterai gadget anda, hal ini sama saja dengan mengaktifkan atau menggunakan berbagai aplikasi yang anda buka tersebut secara bersamaan.

Kerugian jika tidak mematikan aplikasi yang tidak terpakai di gadget anda tidak hanya di bagian baterai saja, tetapi juga di bagian RAM, sistem android jika tidak di gunakan, aplikasi tersebut hanya bersifat standby, bukan mati total.

6.Gunakan Wifi jika ada jaringan

Di sini yang di maksudkan adalah anda lebih baik menggunakan Wifi dari pada koneksi data internet pada gadget yang anda gunakan, menggunakan wifi lebih bisa menghemat daya baterai dari pada menggunakan koneksi data internet, karena cara kerja data selular yang cenderung terus mencari sekaligus mengoptimalkan koneksi internet, itu juga btuh penyerapan daya baterai lebih banyak.

Memang kadang kita sangat kerepotan jika menggunakan gadget android pada saat penting dan betarai sedang low, apalagi jauh dari colokan dan tidak membawa poweerbank, sungguh merepotkan sekali.

Solusi dari baterai gadget yang cepat habis di atas adalah pengalaman dari beberapa user aktif android dan sudah merasakan efek hemat beterai setelah menerapkan beberapa langkah di atas. 

Baru baru ini sebenarnya ada banyak timbul solusi dari luar jika sekarang ada baterai dengan kapasitas doble khusus android, baterai tersebut lebih di kenal dengan nama DoublePower, tetapi menurut pengakuan dari beberapa yang telah menggunakanya, memang pada awal penggunaan gadget terasa lebih awet, lama kelamaan baterai tersebut akan lemah juga kinerjanya, ini mungkin karena baterai tersebut tidak Original keluaran dari pabrikan gadget jadi kualitas tentu berbeda.

 Cara agar baterai android tidak cepat habis dan tahan lama

Semoga beberapa cara agar beterai android tidak cepat habis dan tahan lama di atas bisa memberi solusi  kepada anda agar penggunaan gadget anda terasa lebih nyaman karena baterai yang lebih awet, jika ada langkah yang lebih bermanfaat lagi untuk menghemat baterai gadget android yang belum saya sebutkan di atas mohon anda sebutkan di komentar agar semua dari pengunjung TehnikLogis ini bisa menemukan solusi yang tepat, Semoga bermanfaat, Terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar