Hal yang harus anda ketahui tentang layar lentur pada gadget, Teknologi gadget terbaru

Teknologi gadget terbaru - Samsung, LG dan produsen lain memamerkan layar lentur bahkan prototype handphonenya selama beberapa tahun terakhir tetapi, baru sekarang layar yang seperti kertas menjadi komersil. 

Samsung Galaxy Round dan LG G Flex membuat banyak pertanyaan bagi kita. Apa yang tidak dan bisa dilakukan layar lentur, apakah benar-benar ada gunanya atau apa untungnya layar dengan kemampuan ini bagi smartphone atau gadget lainnya.

Teknologi gadget terbaru 

Teknologi gadget terbaru
Galaxy round
Apa Sebenarnya yang Dimaksud Layar Lentur?

Layar merupakan bahan elektronik yang ditempatkan dibawah kaca atau plastik penutup dan bertanggung jawab untuk menerangi ponsel Anda. Jadi, siapapun yang berbicara mengenai layar lentur berarti berbicara mengenai ligh-emitting diode organic atau sering disebut OLED. 

Lapisannya sekarang dibuat dari plastik, tidak lagi kaca sehingga memungkinkannya untuk menjadi lentur.

Perusahaan seperti Samsung dan LG sudah bertahun-tahun berkutat meneliti layar jenis ini terpisah dengan ponselnya. 

Produk yang enak dipandang mata ini seharusnya memberikan tampilan yang indah kepada Anda misalnya, ikon yang sangat mulus. 

Galaxy Round merupakan yang pertama kalinya membawa layar lentur ke pasar kemudian diikuti oleh LG.

Apa Perbedaannya dengan Layar Lentur Sebelumnya?

Samsung Galaxy Nexus dan Nexus salah ketika mengatakan lengkungan pada layar OLED hanya pas untuk memeluk pipi Anda. 

Yang mereka maksud adalah layar OLED dengan lapisan kaca, bukan plastik. Bahan ini membuat perbedaan yang sangat jauh.

Apakah Round dan G Flex melengkung?

Tidak. 

Kedua ponsel menggunakan layar #OLED yang masih mampu beroperasi ketika melengkung tetapi, bukan berarti dia bisa melentur di tangan Anda. 

Kedua perangkat tersebut sangat melengkung, tapi tubuh telepon kaku dan tidak akan berubah ktika Anda meletakkannya. 

Mungkin bisa sedikit berubah dengan paksaan dari Anda. Lalu, mengapa orang tetap mengatakan lentur?

Bagian yang membingungkan berasal dari banyaknya arti dari lentur. Seperti yang sudah dijelaskan, flexible bisa berarti hanya OLED atau LCD, kacanya atau keduanya.

Terlepas dari masalah arti, layar fleksibel bisa memberikan banyak fungsi. Galaxy Round dan G Flex, layarnya sesuai, atau dengan kata lain tidak flat. 

Berkontur adalah kata yang sering digunakan dalam istilah teknologi ponsel. Perusahaan membuat perangkat tersebut  menekuk dibeberapa titik. Tipe lain dari fleksibilitasnya adalah ditekuk. 

Anda jangan mengira ditekuk benar-benar seperti sebuah kawat, atau tutup kaleng susu. Tekuk di sini seperti pada kartu kredit. Dia bisa melentur sedikit tetapi tidak hingga dilipat dua.

Ada juga kategori dilipat. 

Ini mungkin yang membuat orang agak terheran. Samsung beberapa kali mengeluarkan gambar layar berteknologi ini tetapi belum ada produk yang bisa seperti ini, masih di dalam lab. 

Layar mungkin masih bisa, tetapi masih belum untuk casis, body, dan beberapa perangkat ponsel yang keras.

Mengapa Orang-Orang Menginginkan Layar Lentur? Apa Keuntungannya?

Manfaat untuk layar melengkung seperti Round dan Flex tidak segera jelas meskipun meningkatkan kemampuan membaca dan lebih tidak silau. Walau begitu, ada manfaat yang cukup signifikan untuk layar yang dapat melentur. 

Mereka lebih tidak rentan ketika terjatuh (ponselnya masih rentan) karena mereka pelindung plastik. Plastik juga dapat membuat perangkat lebih ringan dan lebih tipis dan memungkinkan produsen untuk membuat bentuk layar selain persegi panjang.

Walau begitu, dibeberapa kasus mungkin hal di atas tidak berlaku. Bila tekanan terlalu besar pada plastik, tetap saja akan menimbulkan kerusakan dan pembuat kaca juga mendisain kaca yang lentur walau tidak selentur plastik. 

Kemungkinan kaca menjadi selentur plastik juga ada. Kalau begitu, mengapa layar ponsel saat ini tidak menggunakan layar plastik saja? Kita akan melihat itu dalam waktu dekat ini.

Bayangkan, Anda bisa melipat ponsel Anda lalu memasukkannya ke dalam saku atau membuka gulungan layar sebagai pengganti peta. Ini juga bisa dimasukkan ke dalam pakaian atau perhiasaan atau dimanapun yang membutuhkan layar. 

Potensi kedepannya untuk layar lentur sangatlah besar kalau rintangan-rintangan saat ini bisa di atas walau kita belum tahu persis apa kegunaan terbaik mereka. Dan sudah tentu, pengembang layar lentur ini jauh lebih tahu dari kita mau di bawa kemana teknologi ini. 

Penelitian ini bukan tidak menghabiskan dana sedikit dan waktu yang singkat.

Apa Halangan untuk Membuat Ponsel Pintar Lentur?
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bukan hanya layar yang bisa melengkung dibutuhkan untuk membuat ponsel yang lentur. Saat ini, baterai dan casis (sirkuit) belum bisa dibuat elastis, semua masih kaku. 

Daya tahan ponsel yang bisa ditekuk dan bagian internalnya juga masih dipertanyakan. Bila mengikuti disainnya, ponsel harus memiliki layar, baterai dan silikon yang lentur.

 Teknologi gadget terbaru

Beberapa dari ini memang sudah ada dibuat. LG mengumumkan tiga jenis teknologi baterai baru yaitu dapat melengkung, menyelip diruang yang sempit dan yang bisa di liuk-liukkan seperti kue pretzel. 

Waktu akan menjawab apakah produk ini bisa bersaing di dunia ponsel pintar.

Sumber dari : http://www.plimbi.com/news/137471/layar-lentur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar